Budaya dan Globalisasi


Bila dilihat, globalisasi merupakan suatu hal yang akan dialami oleh setiap bangsa di dunia, termasuk Indonesia. Dengan seiring berjalannya waktu, dengan banyaknya kemajuan di berbagai bidang seperti di bidang pendidikan dan teknologi informasi membuat gelombang globalisasi tidak terelakkan lagi. Hal ini sebenarnya tidak perlu dihiraukan bila kita dapat menseleksi secara benar apa-apa yang datang melalui gelombang globalisasi, misalnya saja budaya asing. Hanya saja terkadang masyarakat kita tidak terlalu memperdulikan akan budaya-budaya asing yang datang itu. Kita lebih cenderung menerimanya begitu saja dan tidak peduli akan akibat dari globalisasi tersebut.

Perlu diingat bahwa globalisasi tidak selalu memberi dampak positif bagi setiap bangsa yang terkena "badai" gelombang globalisasi, seperti kemajuan dalam bidang pendidikan dan terknologi. Banyak juga dampak negatif yang harus dihindari dan dicegah, seperto budaya asing yang meracuni pikiran-pikiran anak muda sekarang, contohnya saja seperti pacaran, pergaulan bebas dan lain sebagainya.

Budaya juga terancam oleh globalisasi, karena banyak nilai-nilai budaya yang hilang dan terancam musnah akibat dari globalisasi tersebut. Hal ini bisa jadi karena para pemuda mulai malas mempelajari dan menghayati budayanya sendiri dan melupakannya begitu saja lalu beralih ke budaya asing. Bila hal ini sampai terjadi secara berkelanjutan, mau dibawa kemana budaya-budaya kita nanti? Tidak heran kalau banyak budaya kita yang diduplikasi oleh bangsa lain. Tapi anehnya kita malah marah dan mengeluarkan sumpah serapah tanpa instropeksi diri. Sebenarnya siapa yang salah duluan?

Begitu pentingnya budaya bagi kita sebagai citra diri bangsa ini yang kaya akan budaya dan suku bangsa, seharusnya patut dijaga agar tidak musnah ditelan gelombang globalisasi. Kita juga tidak bisa menolak globalisasi karena tanpanya, kemajuan tidak akan tercapai. Yang penting adalah bagaimana caranya kita bisa bersikap menerima globalisasi yang datang menerpa.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Seorang sarjana matematika yang merangkap menjadi guru bimbel dan konsultan statistika untuk mencari sesuap nasi. Pecinta angka dan selalu terpaku pada pola matematis. Selalu berfikir bahwa dengan menjadi sok tau adalah motivasi terbesar untuk menjadi lebih tau. Ingin kenal lebih jauh cari di about.me/hadimaster

0 komentar:

Poskan Komentar

Your Comment, Please :D