Menjadi Lebih Baik




Udah lama banget perasaan nggak ngurus ni blog. Dan jarang banget, malah bisa dibilang nggak pernah lagi ngeposting entri baru di blog (-_-). Huft~ Entah mengapa beberapa waktu ini inspirasi jarang banget muncul di otak Saya. Sejak mulai ADDICTED dengan mainan baru saya, Rubik's Cube, ide-ide ataupun inspirasi yang dulu ada seakan-akan ilang begitu aja. Terkadang heran sendiri, apa hobi baru saya ini berakibat buruk dengan OTAK saya yang pas-pasan (-_-). Padahal, tidak seharusnya kegiatan bermain Rubik berakibat buruk pada kebiasaan saya dulu.

Pada awalnya
, saya berfikir bahwa bermain Rubik's Cube akan berakibat baik pada otak saya sesuai dengan beberapa spekulasi ilmiah yang saya dengar dari berbagai media, baik media cetak maupun media elektronik. Namun yang saya rasakan kini berbeda jauh dengan apa yang saya harapkan. Memang ada beberapa hal positif yang bisa dirasakan, seperti mengasah kemampuan algoritma, mengasah kemampuan berfikir kritis, dan tidak hanya manfaat secara fisik, namun secara sosial pun meningkat seperti mendapat teman-teman baru yang sehobi dan lain sebagainya.

Tapi lambat laun hal tersebut tidak terlalu berasa sekarang. Dalam beberapa hal, kreativitas saya dalam beberapa hal mulai menurun, contohnya dalam kemampuan menulis (baik essay ataupun sekedar postingan blog), kemampuan bersosialisasi (jadi agak sedikit asosial karena keasikan bermain rubik) dan sedikit kemampuan matematis menurun. Dari semua yang saya uraikan tadi mungkin pendapat bahwa "Hobi baru saya adalah tidak baik" bisa diterima secara logis.


Namun, saya sadari juga bahwa yang menyebabkan saya menjadi seperti ini adalah masalah Ketergantungan Yang Berlebihan dalam hobi saya. Saya terlalu berlebihan dalam menggeluti hobi baru saya ini, sehingga fokus saya menjadi tertuju HANYA pada satu hobi, yaitu bermain rubik's cube. Memang ada benarnya :"Sesuatu yang dikerjakan secara berlebihan, hanya akan berakibat buruk". Mungkin mulai saat ini saya harus bangkit kembali menjadi "Manusia Baru" dengan membagi fokus saya kepada hal-hal yang lebih penting dari hobi saya. Apa lagi saya sudah kelas XII sekarang, harus lebih fokus pada Ujian Nasional dan Ujian Semester, juga rencana-rencana PMDK atau beasiswa untuk kuliah di PTN, walau sebenarnya yang ingin saya cari adalah beasiswa PTLN (Perguruan Tinggi Luar Negeri), berarti harus lebih fokus lagi pada pelajaran-pelajaran.


Sekarang sudah tahun baru, dan seperti manusia pada umumnya akan membuat banyak resolusi mereka, dan tidak ketinggalan saya pun akan membuat resolusi untuk tahun ini. Tidak terlalu banyak, cukup 1 saja. Yaitu untuk menjadi lebih baik dari tahun berikutnya. Tidak perlu muluk-muluk kan? :D

Cukup sekian tulisan saya... :D
Semoga tulisan ini akan diikuti dengan tulisan-tulisan terbaru saya... ^_^


Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Seorang sarjana matematika yang merangkap menjadi guru bimbel dan konsultan statistika untuk mencari sesuap nasi. Pecinta angka dan selalu terpaku pada pola matematis. Selalu berfikir bahwa dengan menjadi sok tau adalah motivasi terbesar untuk menjadi lebih tau. Ingin kenal lebih jauh cari di about.me/hadimaster

0 komentar:

Posting Komentar

Your Comment, Please :D