7 Permasalahan Milenium Matematika




Lagi asik-asik ngubrak-abrik mengenai matematika nih ceritanya (walaupun entar kuliah pilihan keduanya adalah Jurusan Matematika UNPAD ) dan gak sengaja nemu ini artikel mengenai 7 Permasalahan Milenium Matematika di KASKUS. Pas ngebacanya, wah keliatannya keren nih, jadi langsung share aja disini.


BTW, sebenarnya saya sudah tahu lebih dulu mengenai 7 Permasalahan Milenium Matematika tersebut sejak tahun 2005, dan sejak itulah saya mencintai pelajaran Matematika yang dikatakan membosankan, kaku, gak asik (dan saya akui kadang benar juga ). Nah daripada penasaran ada lebih baiknya langsung ke sejarahnya mengenai 7 Permasalahan Milenium Matematika ini.

Pada 8 Agustus 1900, di depan peserta Kongres Matematika Internasional ke-2 di Paris, Perancis, ahli matematika David Hilbert menggelar kuliah umum yang sangat terkenal. Kuliahnya tentang problem-problem matematika terbuka. Seabad kemudian, terilhami dari kuliah itu, yayasan nirlaba The Clay Mathematics Institute (CMI) yang bermarkas di Cambridge, Massachusetts, Amerika, mencetuskan Sayembara Problem Milenium. Problem-problem matematika yang tak terpecahkan dipilih oleh sebuah Dewan Pertimbangan Ilmiah CMI. Ada tujuh problem matematika pada milenium ini yang menjadi tantangan bagi semua ahli matematika di dunia untuk membuat formulasinya. Barang siapa yang dapat mengungkap rahasia itu, tersedia hadiah US$ 1 juta. Ketujuh problem matematika itu:




1. Dugaan Birch dan Swinnerton-Dyer: Geometri Euclid untuk abad ke-21, melibatkan apa yang disebut titik Abelian dan fungsi zeta serta jawaban-jawaban terbatas dan tidak terbatas untuk persamaan-persamaan aljabar.


2. Poincare Conjecture: Permukaan sebuah apel saling tersambung secara sederhana. Tetapi, permukaan sebuah donat tidak. Bagaimana anda memulai dari ide konektivitas sederhana , lalu mengkarakterisasikan ruang dalam tiga dimensi ?


3. Persamaan Navier-Stokes: Jawaban bagi turbulensi gelombang dan angin terletak di suatu tempat dalam pemecahan persamaan ini.


4. P versus NP: Beberapa persoalan terlalu besar: Anda dapat dengan cepat membuktikan kebenaran sebuah jawaban yang memang benar, tetapi mungkin akan butuh seumur jagat raya apabila harus memecahkannya dari awal. Dapatkah Anda membuktikan pertanyaan mana yang paling berat dan mana yang tidak ?


5. Hipotesis Riemann: Melibatkan fungsi-fungsi zeta, dan sebuah penekanan bahwa seluruh solusi "menarik" dari sebuah persamaan terdapat pada sebuah (persamaan) garis lurus.


6. Dugaan Hodge: Di tepian batas antara aljabar dan geometri, melibatkan persoalan teknis dari bentuk-bentuk bangunan dengan merekatkan blok-blok geometric secara bersamaan.


7. Yang-Mills dan Selisih Massa: Sebuah persoalan yang melibatkan mekanika kuantum dan partikel-partikel dasar. Para ahli fisika menyadari, komputer dapat mensimulasikannya, tetapi belum seorang pun yang telah menemukan teori untuk menerangkannya.


Ya, demikianlah ketujuh permasalahan yang ada. Ada yang tertarik untuk menyelesaikannya? Lumayan lho 1 juta dolar!

P.S : salah satu permasalahan yaitu Poincare Conjecture telah diselesaikan oleh ilmuwan Rusia bernama Perelman, tapi ditolak mentah-mentah hadiahnya!

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Seorang sarjana matematika yang merangkap menjadi guru bimbel dan konsultan statistika untuk mencari sesuap nasi. Pecinta angka dan selalu terpaku pada pola matematis. Selalu berfikir bahwa dengan menjadi sok tau adalah motivasi terbesar untuk menjadi lebih tau. Ingin kenal lebih jauh cari di about.me/hadimaster

2 komentar:

  1. wow.. cool !!!
    tenang aja...
    yang menyelesaikan sisa persoalannya adalah SAYA !
    he..he...
    Tunggu tanggal mainnya...
    (nah kalo ga main-main gimana ya ?? BODO !!)
    hahahahhah..

    LANJUT GAN !!!

    BalasHapus
  2. kita kerjasama aja nyelesaiinnya
    lumayan hadiahnya ntar kita bagi2 :D hehehe

    BalasHapus

Your Comment, Please :D