HORE…! TULISANKU DIMUAT OLEH IYC!(INDONESIAN YOUTH CONFERENCE)

Politik di Mata Remaja-remaja SMA

Ditulis pada 17 Oktober 2009 oleh R.M. Hadi Suryo S.

Ketika kita berbicara politik, apa yang akan kita katakan soal ini? Bagi sebagian remaja, hal ini tentu saja asing bagi mereka walaupun hal yang berbau politik sering mereka pelajari di pelajaran PPKn atau mereka dapat menemukannya di sekitar mereka, contohnya seperti OSIS(Organisasi Siswa Intra Sekolah), MPK(Majelis Perwakilan Kelas) atau paling tidak organisasi kecil seperti organisasi kelas.

Namun, terkadang remaja-remaja saat ini tidak memandang politik sebagai hal yang harus diperhatikan, sehingga mereka cenderung parokial. Yang dimaksud parokial adalah tidak peduli dengan politik atau tidak memiliki pengetahuan yang memadai tentang politik. Hal ini perlulah di antisipasi agar remaja-remaja sekarang tidak mengalami miskonsepsi dan cenderung arogan dalam hal ini.

Kita semua tahu, bahwa negara kita adalah negara demokrasi, di mana kekuasaan berada di tangan rakyat. Namun apa jadinya bila rakyatnya sendiri cenderung parokial, tidak memahami politik itu sendiri? Kita, sebagai generasi muda penerus bangsa kita setidaknya mengetahui dan mengamalkan pengalaman politik kita kepada orang-orang di sekitar kita, toh tidak ada salahnya dengan melakukan hal itu. Justru dengan hal ini kita setidaknya telah berpartisipasi dan itulah yang berarti bagi negara ini. Kamu tidak perlu mengikuti partai politik untuk bisa berpartisipasi dalam politik, cukup dengan belajar atau setidaknya mengetahui apa itu politik dan siapa pemimpin kita.

Ingat, politik bukan hanya untuk orang-orang tua atau untuk orang-orang yang bergabung dalam parpol, politik juga merupakan bagian dari kehidupan kita, bisa di keluarga, sekolah , atau teman kelompok.

Belajar politik tidak harus kelas IPS saja yang mempelajari nya, namun mau kamu itu dari kelas IPA atau Bahasa, kamu tetap bisa belajar politik. Dengan demikian kita bisa membawa masyarakat negara ini menjadi masyarakat partisipan, yaitu yang turut berpartisipasi dalam politik.

Profil R.M. Hadi Suryo S. :
Hadi adalah pelajar di SMA Al Ma'soem, Sumedang, angkatan 2011. Kamu bisa mengunjungi blognya di http://hadimaster.blogspot.com/


Tulisan ini dibuat oleh seorang pengunjung. Kamu juga bisa mengirimkan tulisanmu pada bagian Partisipasi/Get Involved.

Ahahahaha! Meskipun nulis angkatannya salah(harusnya tahun 2008), tapi Aku bangga tulisanku dimuat situs yang diakui secara Internasional.

Gak percaya? Liat aja di http://indonesianyouthconference.org/category/blog/

Kamu Bisa Nggak?

Klo bisa tunjukin kemampuammu!

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Seorang sarjana matematika yang merangkap menjadi guru bimbel dan konsultan statistika untuk mencari sesuap nasi. Pecinta angka dan selalu terpaku pada pola matematis. Selalu berfikir bahwa dengan menjadi sok tau adalah motivasi terbesar untuk menjadi lebih tau. Ingin kenal lebih jauh cari di about.me/hadimaster

0 komentar:

Poskan Komentar

Your Comment, Please :D