Horee..! Tulisanku Dimuat lagi di IYC(Indonesian Youth Conference)!

Mengapa Mesti Takut Sama Fisika?

Ditulis pada 21 Oktober 2009 oleh R.M. Hadi Suryo S.


Siapa sich yang gak tahu ama pelajaran fisika? Wuiiihhh…yang bakalan kebayang di ingatan kita adalah rumusnya yang seabreg! Saking banyaknya rumus sampai pingsan juga gak bakalan hafal, sehingga jadi malas belajar fisika dan takut dengan fisika. Yah… begitulah gambaran kita tentang fisika yang kita pelajari mulai sejak SMP. Kadang ada yang bertanya seperti ini, “kok bisa ada sih yang namanya fisika?” Terkadang tidak terbayang bahwa ada orang yang “mau menghabiskan waktu” mereka untuk mempelajarinya atau bahkan menyukai pelajaran ini.

Tapi, dibalik semua paradigma remaja tentang pelajaran fisika yang menakutkan dan cukup menyiksa otak kiri dan kanan, ternyata banyak sekali prestasi yang diraih dari mata pelajaran ini. Tidak hanya secara nasional namun secara internasional! Sebagian dari kita mungkin tahu tentang betapa banyaknya prestasi yang diraih oleh TOFI, Tim Olimpiade Fisika Indonesia. Banyak medali yang diraih oleh anak-anak bangsa mulai dari perunggu sampai emas. Mereka jelas sangat bangga dengan hasil kerja keras mereka, mempelajari fisika yang jelas terkenal dengan kerumitan nya. Kok mereka bisa ya? Itu karena mereka menyukai fisika dan menikmati pelajaran tersebut.

Mungkin ini bukanlah hanya masalah kemampuan otak saja dalam menerima pengajaran yang ada, namun sikap kita akan ilmu yang dipelajari. Misalnya, andaikan kita membenci suatu mata pelajaran seperti fisika contohnya, kita tidak akan bisa mengerjakannya karena otak kita secara otomatis akan merespon dengan respons yang negatif ke tubuh kita, sehingga kita tidak akan bisa menerima pelajaran kimia dengan baik. Hal ini berlaku bagi semua pelajaran yang kita benci.

Jadi gimana caranya dong? Ada beberapa tips bagi kalian agar kalian bisa mempelajari pelajaran dengan mudah:

1. Menikmati apa yang diajarkan kepada kalian, dengan begitu kalian pasti bisa dengan mudah mengerjakannya

2. Menyukai pelajaran tersebut sebagaimana kamu menyukai makanan! Ya, ilmu seperti makanan yang akan mengisi otak kalian hingga kamu mengerti apa yang dipelajari.

3. Menyukai guru yang mengajarkannya kepada kalian. Misalnya kalian membenci guru fisika, kalian harus menyukai nya, hal ini sangat memengaruhi semangat kalian dalam belajar bersama guru tersebut.

4. Afirmasi, yakni kalian harus yakin bahwa kalian pasti bisa menguasai pelajaran tersebut. Hal ini akan mempengaruhi otak untuk berfikir positif dan secara otomatis kalian akan dapat menguasainya dengan mudah.

Masih banyak lagi tips agar kalian bisa menikmati dan menyukai pelajaran tersebut dan akhirnya menguasainya dengan mudah, termasuk fisika.

Sekian dari saya, semoga tulisan ini dapat membantu kalian untuk mengatasi kebencian kalian dengan pelajaran yang kalian benci (termasuk fisika).

http://indonesianyouthconference.org/blog/866/mengapa-mesti-takut-sama-fisika/


Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Seorang sarjana matematika yang merangkap menjadi guru bimbel dan konsultan statistika untuk mencari sesuap nasi. Pecinta angka dan selalu terpaku pada pola matematis. Selalu berfikir bahwa dengan menjadi sok tau adalah motivasi terbesar untuk menjadi lebih tau. Ingin kenal lebih jauh cari di about.me/hadimaster

0 komentar:

Poskan Komentar

Your Comment, Please :D