Saya ENJOY Jadi Orang Indonesia


Di Indonesia ini, banyak sekali hal lucu, termasuk suatu pernyataan yang cukup populer namun bagi saya hal ini terdengar begitu menggelikan, yaitu: Saya malu menjadi orang Indonesia. Entah mengapa ada beberapa orang yang menyebutnya begitu lantang dan tak malu pula menyatakan dirinya malu menjadi orang Indonesia, sungguh pernyataan mereka sendirilah yang memalukan!

Ya, memalukan! Kalau memang malu menjadi orang Indonesia, mengapa tidak membuat dirinya sendiri bangga dengan cara berprestasi atau melakukan hal yang berguna bagi bangsanya? Bukankah itu akan meningkatkan rasa kepercayaan diri menjadi orang Indonesia? Terkadang kita terlalu sibuk berkata-kata tapi sedikit bergerak, bagaimana bangsa ini mau maju bila hanya gini-gini aja masyarakatnya? Hanya bisa bilang malu, tapi tidak melakukan apa-apa untuk menghilangkan rasa malunya. Sama saja bohong! Omong kosong tak bermutu!


Seharusnya kita bisa melakukan hal yang terbaik buat bangsa ini agar tidak ada lagi kata-kata "malu" menjadi orang Indonesia, contohnya yaitu mencoba berprestasi dalam berbagai hal, terutama dalam kancah Internasional. Hal ini sangat penting karena menyangkut pada harga diri masing-masing orang juga rasa nasionalisme masing-masing individu. Andaikan kita dapat melakukan hal yang cukup berarti bagi bangsa dan negara ini, tentu kita-kita juga yang bangga untuk menjadi "Orang Indonesia". Bukan hanya berkata "malu" saja tanpa melakukan sesuatu yang dapat memperbaiki citra diri kita sebagai masyarakat Indonesia.


Mungkin bagi beberapa dari kita perlu merasa "Enjoy" menjadi orang Indonesia, tidak selalu terpuruk pada rasa malu saja. Enjoy sajalah kita sebagai masyarakat Indonesia, jangan terlalu memikirkan berbagai aib bangsa ini yang tak kunjung tertutupi, seperti korupsi, terorisme dan lain-lain, karena hal itu hanya menambah buruk kepercayaan diri kita saja. Tetaplah Enjoy, agar kita tidak merasa terkucilkan oleh rasa malu, tapi jangan pula terlalu Enjoy karena hanya akan menimbulkan sifat terlalu cuek nantinya.

Suatu hal yang perlu dilakukan bagi masyarakat mungkin bersikaplah Enjoy terhadap apa yang terjadi, tidak terlalu menganggapnya sebagai aib bagi mereka sendiri sehingga merasa malu menjadi masyarakat Indonesia, tapi tidak lupa untuk bersikap aktif dan berpartisipasi dalam memajukan bangsa sendiri. Itulah yang kita semua inginkan! Kebanggaan atas bangsa sendiri, bukan bangga yang masyarakatnya terlalu terpuruk dengan rasa malu.

MULAI SEKARANG, MARILAH KITA MENYATAKAN DIRI KITA DENGAN LANTANGNYA BAHWA : SAYA ENJOY JADI ORANG INDONESIA!

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Seorang sarjana matematika yang merangkap menjadi guru bimbel dan konsultan statistika untuk mencari sesuap nasi. Pecinta angka dan selalu terpaku pada pola matematis. Selalu berfikir bahwa dengan menjadi sok tau adalah motivasi terbesar untuk menjadi lebih tau. Ingin kenal lebih jauh cari di about.me/hadimaster

0 komentar:

Poskan Komentar

Your Comment, Please :D